Monday, January 7, 2013

Wow, Robot ini Bisa Gantikan Peran Dokter











Liputan6.com, Jakarta : Bagi kita yang tinggal di kota, menemui dokter spesialis mungkin tidak sulit dibandingkan mereka yang tinggal di desa. Namun masalah sulitnya mencari dokter spesialis di desa kini bisa diatasi dengan hadirnya robot asal Kanada ini.

Robot dokter asal Kanada ini diklaim bisa menggantikan tugas seorang dokter spesialis. Kehadirannya diharapkan dapat mengatasi 'kesenjangan' jumlah dokter di desa-desa.

Robot yang diberi nama "I See You" ini dapat dikendalikan dari jarak jauh via koneksi internet dari komputer milik dokter spesialis. Selain itu, dengan menggunakan kamera yang ada, pasien nantinya dapat berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis pilihannya.

Layaknya seorang dokter pada umumnya, robot ini juga dapat berkeliling ke setiap kamar pasien untuk mengontrol kondisi perkembangan pasiennya.

Seperti dilansir dari CBC, yang Liputan6.com kutip Senin (7/1/2013), saat ini baru ada 1 dr Robot yang berada di Cape Breton. Sebanyak dua robot lainnya masih dalam tahap penyelesaian.

Teknologi terbaru ini dikembangkan Dr. Ivar Mendez dari Halifax. Menarik bukan?

Tentunya kita semua berharap robot canggih ini juga bisa hadir di tanah air. sehingga masyarakat yang ada di desa dapat pula memiliki pelayanan yang sama seperti halnya di kota-kota besar. (BAI/GAL)

0 komentar:

Post a Comment