Saturday, June 15, 2013

Di Mars, Ada Batu Bisa Bergerak Sendiri

 
Salah satu citra yang dirilis Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) menyuguhkan sebuah misteri. Citra tersebut menunjukkan sebuah jalur di wilayah Mars bernama Nili Fossae yang mengindikasikan adanya batu yang bergerak.

NASA merilis citra tersebut pada 7 Juni 2013 lalu dalam posting di akun Tumblr, Beautiful Mars. Akun ini dipakai NASA untuk menyuguhkan citra resolusi tinggi hasil jepretan kamera HiRISE yang ada di wahana Mars Reconnaissance Orbitter.

Citra yang baru dirilis NASA ini menunjukkan jalur berkelok dan naik turun selebar beberapa meter serta mengarah ke bawah dan batu. Tampak pula jalur putus-putus dan batu yang lebih kecil di ujungnya.

Batu yang terekam kamera itu sebenarnya bukan target NASA. Batu itu hanya tertangkap kamera saat HiRISE mengobservasi wilayah Nili Fossae, sebuah parit di dekat cekungan besar akibat tumbukan dengan benda langit lain.

Berdasarkan observasi, ilmuwan mengatakan, Nili Fossae kaya mineral tanah liat sehingga air mungkin pernah melimpah di sana. Wilayah tersebut juga merupakan hotspot metana. Wilayah ini sempat menjadi kandidat pendaratan wahana kendaraan antariksa Curiosity.

Diberitakan New Scientist, Selasa (11/6/2013), hingga saat ini NASA belum bisa memastikan mengapa batu seperti dalam gambar ini bergerak. Gempa Mars di sekitar cekungan atau erosi di bawah permukaan tanah adalah beberapa kemungkinan.

Namun, menurut ilmuwan, jalur itu masih tampak "segar". Artinya, kondisi lingkungan Mars yang dingin dan kering berhasil mengawetkan jalur tersebut. Belum diketahui pula kapan jalur tersebut terbentuk. 
 
sumber : kompas.com, newscientist.com

15 komentar:

  1. Kok bisa yah ..padahal disana kan tidak ada udara. Ajaib banget ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha.. masih misteri mba.. kekuasaan Allah ..

      Delete
    2. Bisa dung. Ada yang menggerakkan kok

      Delete
  2. ada aja ya penemuan baru yang 'wow'.. :)

    ReplyDelete
  3. wahh keren gan bisa berjalan..gak sekalian bisa terbang heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. gan.mau nanya gimana agar dapat pagerank/..bls

      Delete
    2. biar pageranknya naik ya gan?

      Delete
    3. iya gan..biar dapat pagerank dari google

      Delete
  4. Sungguh besar ya sob...Kekuasaan Nya.. :)
    Nice...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya benar sob.. thanks ats kunjungannya ya..

      Delete
  5. sampai saat ini mars masih menjadi misteri para ilmuwan dan astronout dunia. Mski sudah banyak mengirim pesawat ekspedisi tanpa awak, rahasia mars masih jga blm terkuak.

    ReplyDelete
  6. seru kalo ngebicarain planet mars.. seperti di film john carter, orang-orang sibuk mencari jawaban atas pertanyaan, "adakah kehidupan di mars?"

    ReplyDelete
  7. entah bener atau tidak semua kekuasaan Allah :) nice posting dan menambah pengetahuan

    ReplyDelete
  8. Saya yakin di jagat raya yang Maha Besar ini
    tersimpan kehidupan lain selain dibumi.

    misteri Yang Maha Kuasa

    ReplyDelete