Saturday, December 1, 2012

Robot Transformer Segera Jadi Kenyataan


Berita Teknologi - Tim peneliti Distributed Robotics Laboratory (DRL) dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) dikabarkan tengah mencoba untuk menggarap “self-sculpting sand“, sebuah robot kecil berbentuk kotak. Robot ini bisa meniru berbagai bentuk dan benda. Tim peneliti tersebut telah membuat setidaknya 30 robot cerdas tersebut beserta perangkat lunak untuk menjalankannya.
Robot berbentuk kotak itu memiliki magnet yang disematkan di sisi-sisinya sehingga bisa saling menempel. Efek magnetis bisa dihidupkan atau dimatikan sesuai keperluan serta tidak membutuhkan listrik. Di dalamnya terdapat mikroprosesor untuk mengatur magnet mana yang harus diaktifkan. Masing-masing prosesor bisa menyimpan kode sekitar 32 kilobyte dan hanya memiliki memori aktif sebesar dua kilobyte.
Cara kerja robot yang diberi nama Smatr Pebbles ini cukup unik. Pertama-tama, robot itu akan menyelimuti bentuk asli benda. Kemudian mereka akan saling mengirimkan pesan tentang bentuk asli benda tersebut. Selanjutnya mereka akan mendefinisikan bentuknya sendiri sebagai tiruan benda asli.































0 komentar:

Post a Comment