Thursday, November 8, 2012

Video Planet Hancur Ditelan Matahari

okezone.com, WASHINGTON - Sebuah bintang yang membengkak dan mendekati ujung hidupnya tertangkap melalui observasi teleskop sedang menelan salah satu planet yang mengorbit padanya.

Peristiwa ini ditemukan ketika astronom sedang mempelajari sebuah bintang kuno yang berubah menjadi "raksasa merah".

Dilansir dari Space, Rabu (7/11/2012), bintang tersebut bernama BD+48 740 dan memiliki usia lebih tua dibandingkan Matahari kita. Radiusnya pun 11 kali lipakt lebih besar ketimbang Matahari kita.

Video tersebut menampilkan sebuah bintang yang membengkak menjadi raksasa merah. Selanjutnya bintang tersebut menyerap inti planet.

Kunci utama yang menjadi bukti kejadian tersebut adalah kandungan litihium di dalamnya. Lithium merupakan unsur paling langka di jagad raya.

"Dalam kasus BD-48 740, produksi lithium kemungkinan dipicu oleh massa seukuran sebuah planet yang berputar di jalur spiral dan memanas sementara planet tersebut ditelannya," ujar anggota tim penelitian planet tersebut Alex Wolszczan dari Pennsylvania State University.

Selain itu, di sekeliling BD+48 740 juga ditemukan orbit planet raksasa yang aneh. Planet raksasa ini memiliki ukuran 1,6 kali lebih besar dari Jupiter dan mengelilingi orbit yang sangat elips.

Klik DI SINI untuk melihat video planet tersebut.

0 komentar:

Post a Comment