Thursday, December 6, 2012

Yoghurt Dapat Mengobati Keputihan














Metrotvnews.com - Albus atau yang lebih dikenal dengan istilah 'keputihan' secara tidak langsung dapat diobati dengan yoghurt. Albus salah satunya disebabkan oleh jamur Candida.

"Yoghurt mengandung bakteri Laktobasilus yang membantu untuk membuat pH menjadi lebih asam," ujar dokter spesialis kulit dan kelamin dari RS Pondok Indah - Puri Indah, dr. Susie Rendra, SpKK di Jakarta, Rabu (5/12).

Albus atau keputihan biasanya berupa keluarnya cairan berlebih pada organ intim perempuan yang disertai rasa gatal dan berbau.

Susie menjelaskan, Laktobasilus yang terkandung di dalam yoghurt, saat dikonsumsi manusia, tidak hanya berkembang biak pada usus saja. Namun dalam bentuk asam laktat, Laktobasilus yang membuat pH asam dapat bantu membasmi jamur Candida yang sudah terinfeksi pada area vagina.

"Pada area vagina, ada flora kelamin dalam bentuk mikroorganisme yang hidup di area itu, berupa bakteri Laktobasilus dan jamur Candida," jelas Susie.

Laktobasilus memiliki sifat proteksi terhadap infeksi dari bakteri microba patogen, yang disebabkan oleh kuman dan jamur, salah satunya adalah jamur Candida. "Salah satu tanda dari infeksi jamur Candida adalah terjadinya keputihan yang membuat gatal dan berbau," imbuh Susie.(bgs/4)

0 komentar:

Post a Comment